VISI PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN
Menjadi Program studi kebidanan yang unggul di tingkat nasional berorientasi pada promosi kesehatan Ibu dan Anak berlandaskan etika kebidanan dan profesionalisme.
Promosi Kesehatan
Mampu melakukan promosi kesehatan tentang kesehatan Ibu dan Anak meliputi kesehatan reproduksi perempuan, KB, Pra hamil, kehamilan, persalinan, nifas dan masa antara.
Etika kebidanan
Norma-Norma berisi petunjuk tentang bagaimana seorang bidan harus menjalankan profesinya, larangan-larangan, dan mengenai tigkah laku secara umum dalam pergaulan seharihari di masyarakat.
Profesionalisme
Mampu mengembangkan diri dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terkini serta menyadari keterbatasan diri berkaitan dengan praktik kebidanan serta menjunjung tinggi komitmen terhadap profesi bidan.
VISI PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN
Menjadi Program studi kebidanan yang unggul di tingkat nasional berorientasi pada promosi kesehatan Ibu dan Anak berlandaskan etika kebidanan dan profesionalisme.
Promosi Kesehatan
Mampu melakukan promosi kesehatan tentang kesehatan Ibu dan Anak meliputi kesehatan reproduksi perempuan, KB, Pra hamil, kehamilan, persalinan, nifas dan masa antara.
Etika kebidanan
Norma-Norma berisi petunjuk tentang bagaimana seorang bidan harus menjalankan profesinya, larangan-larangan, dan mengenai tigkah laku secara umum dalam pergaulan seharihari di masyarakat.
Profesionalisme
Mampu mengembangkan diri dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terkini serta menyadari keterbatasan diri berkaitan dengan praktik kebidanan serta menjunjung tinggi komitmen terhadap profesi bidan.
Tujuan Program Studi D III Kebidanan
1. Berjiwa Pancasila serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan sesama manusia sesuai dengan etika kebidanan.
2. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan.
3. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kebidanan maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.
4. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu kebidanan sesuai bakatnya dengan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
5. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi ilmu kebidanan sehingga mampu menerapkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mencakup: (1) mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang, serta merumuskan cara penyelesaian masalah-masalah tersebut melalui perencanaan program-program yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, dan (2) Menyusun rencana penyelesaian masalah kesehatan klien dengan berlandaskan etika kebidanan serta dengan memperhatikan aspek jasmani, rohani dan sosio-budaya dan spiritual klien melalui proses observasi, identifikasi dan perumusan masalah klien.
6. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kebidanan dalam upaya mencapai penyelesaian masalah kesehatan klien secara individu, masyarakat, dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian.
7. Mengembangkan kerjasama dalam meningkatkan kualitas pendidikan